Jumat, 08 April 2011

A Framework for Web Science - Bab 5 Aspek Sosial

Aspek Sosial
Web merupakan bagian dari komputasi tertanam dalam pengaturan sosial, dan perkembangannya adalah sebagai banyak tentang mendapatkan hak embedding seperti yang melakukan rekayasa. Pada bagian ini kita akan melihat sosial, kognitif dan konteks moral dari Web, dan membahas cara-cara sosial yang dapat memberi keputusan rekayasa.
5.1 Artinya, supervenience dan landasan symbol
Web sering disebut sebagai seperangkat lapisan, dengan standar, bahasa atau protokol bertindak sebagai platform yang baru, lebih kaya, bisa ditempatkan lebih ekspresif formal . Platform tersebut, seperti TCP / IP, secara sengaja dengan tujuan sebagai kemungkinan yang netral. Semantic Web adalah jelas contoh arsitektur berlapis belum perskriptif.
Representasi berlapis tersebut tidak bersifat reduktif - yaitu bagian level atas tidak hanya  singkatan ekspresi di tingkat yang lebih rendah. Tapi ada pertanyaan yang menarik untuk melakukan signifikansi seperti arsitektur representasi berlapis. Secara khusus, semakin dekat ke puncak yang ekspresi ditemukan, semakin besar kemungkinan untuk menemukan maknanya. Dengan ini berarti bahwa meskipun bahasa ekspresif perlu memiliki sintaks formal (dan mungkin semantik), untuk menjadi signifikan masih perlu untuk memetakan ke wacana manusia dalam cara yang dapat dimengerti.
Didalam model Semantic Web, ontologi dimaksudkan untuk melakukan pemetaan, dan untuk kemungkinan  membuat dialog yang bermakna antara manusia dan mesin, meskipun penting untuk menjadi jelas bahwa seperti pemetaan tidak mengherankan: ontologi, sebagai ciptaan buatan, berdiri hanya dalam sebagai sebagai struktur peta mereka. Dan dalam hal ini, mereka tidak berbeda dengan terstruktur lainnya yang formal, seperti query .
Satu pandangan ini mengingatkan pada gagasan filosofis supervenience. Salah satu wacana atau serangkaian ekspresi A supervenes yang lain himpunan B bila ada perubahan pada A memerlukan perubahan dalam B namun tidak sebaliknya. Jadi, pada teori supervenience pikiran / otak, setiap perubahan dalam mental negara memerlukan beberapa perubahan di negara bagian otak, namun perubahan di otak negara tidak perlu mengakibatkan perubahan pada kondisi mental. Supervenience
adalah sebuah konsep yang kurang kuat dari pengurangan (teori reduksionis dari pikiran / otak berarti orang bisa menyimpulkan keadaan mental dari negara bagian otak, psikologi bahwa berikut dari neuroscience). Dan telah dipikirkan selama bertahun-tahun yang supervenience adalah cara yang baik
menjelaskan generasi makna: materi uninterpreted di lapisan bawah wacana ini disusun dengan cara yang signifikan sehingga bahan dalam lapisan atas terkendala menjadi bermakna. Ini mungkin cocok untuk berpikir dari Web memiliki semacam ini supervenience layering: tersebut berdampak konstruksi di bagian atas tergantung krusial pada konstruksi makna dalam HTML atau XML atau apapun di bawah ini.

5.2  Penalaran Tentang Web
5.2.1 Perubahan Tambahan
Sebagaimana yang telah kita lihat, ada berbagai isu dalam ilmu Web dengan akar semantik, filosofis atau logis. Ini bukan pertama kalinya bahwa praktisi paradigma komputasi tiba-tiba harus membiasakan diri dengan Philosophical Logic. Proyek umum dalam Artificial Intelligence (AI) mencoba untuk menghasilkan umum beradaptasi masalah-pemecah berdasarkan deskripsi simbolik dan penalaran, sopir (dan prima facie masuk akal) yang kuat dari penelitian AI melalui 1960-an dan 1970-an, akhirnya kandas pada kesulitan menentukan segala sesuatu yang diperlukan untuk komputer untuk alasan tentang situasi sewenang-wenang. Kegagalan ini menyebabkan nama meremehkan 'GOFAI' (Good Lama Kuno AI) untuk proyek tersebut.
Beberapa berpendapat bahwa GOFAI terhambat oleh kegagalan untuk memecahkan masalah, kenyataan bahwa dunia nyata penalaran tampaknya sangat berada, dan bahwa setiap deskripsi atau representasi tidak pernah dapat dibatasi untuk berdamai dengan signifikansi lokal - untuk mengerti apa-apa komputer harus mengerti segala sesuatu ) Lain mengatakan bahwa AI tidak bisa beralasan tentang apa-apa sampai ada hubungan yang solid antara syarat dengan mana suatu alasan komputer dan referen nya, sambungan tidak disediakan oleh program programmer. Ada juga telah klaim tentang jenis hal komputer atau robot adalah, walaupun kritik dari hardware kurang penting di sini dari kekurangan dari dasar-dasar semantik dan logis GOFAI.
Argumen AI-independen yang akan tampaknya mendukung proyek GOFAI, bahwa (misalnya) 'mengetahui bagaimana' hanyalah spesies 'yang mengetahui', dan bahwa pengetahuan  prosedural adalah, apapun penampilan, hubungan antara agen dan proposisi, tetapi argumen tersebut tidak tampaknya harus ditanggung oleh teknologi. Sebuah alternatif untuk GOFAI, ia berpendapat, relatif bodoh metode berdasarkan sintaks dan komputasi numerik - ini 'bodoh' metode (seperti PageRank, IR, NLP) ternyata banyak berperilaku lebih efektif.
Hal ini dikatakan oleh beberapa bahwa Web - dan khususnya proyek Semantic Web - mengancam untuk membuat kesalahan yang sama GOFAI. Secara khusus, kebutuhan untuk menciptakan ontologi untuk memudahkan berbagi data dan begitu juga dilihat sebagai memerlukan teori tanpa konteks apapun. Proyek CYC dikutip secara luas, untuk menghasilkan sebuah basis pengetahuan yang besar dan mesin inferensi untuk mendukung penalaran dari "akal sehat" ​​tidak tampaknya telah rusak bagian belakang masalah, sedangkan ontologi dihasilkan oleh pergerakan ontologi filsafat formal tampak sedikit rumit dan sulit, meskipun telah menyarankan bahwa mereka dapat digunakan (sebagai semacam ontologi 'dalam') untuk mengumpulkan cahaya yang tumpang tindih ontologi membuat koneksi dengan lain. Pada akhirnya, argumen itu, terletak sifat kognisi manusia yang membuat pikiran manusia dapat melakukan perawatan indah pengetahuan didistribusikan dan pengetahuan multimodal.
Di sisi lain, klaim bahwa Web, dan SW khususnya, akan memukul masalah yang sama seperti GOFAI harus dilihat dalam konteks manipulasi, divisi dan interogasi data relasional sebagaimana dimaksud dalam program SW. Data dibagi dan digabungkan dalam berbagai konteks dengan aplikasi tujuan khusus, yang menjahit bersama ontologi yang mendasari dengan pemetaan yang relevan dan terjemahan. Terjemahan ini tidak perlu bersifat universal, dan tidak perlu bertujuan untuk menghasilkan suatu ontologi yang konsisten secara global. SW generalises pendekatan ini untuk sistem data bersama dengan mengembangkan standar untuk pemetaan antara set data; argumen lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan bahwa program ini akan jatuh ke dalam standar buruk dan hambatan praktis untuk GOFAI.
Secara khusus, SW tidak bergantung pada, atau selalu bercita-cita, produksi tingkat kecerdasan dipertimbangkan oleh teoretisi GOFAI. Solusi parsial akan bekerja, dan akan ditujukan, di SW. Ini tentunya baik jika agen buatan dapat menghasilkan rentang dari kesimpulan yang mungkin manusia, tapi itu bukan tujuan eksplisit SW, dan SW tidak akan gagal jika seperti agen adalah tidak diproduksi. Tujuannya adalah untuk menghasilkan ekstensi ke Web yang akan memungkinkan lebih informasi yang akan diproduksi lebih mudah dalam menanggapi pertanyaan. GOFAI bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem yang cerdas menunjukkan manusia-tingkat intelijen; SW harus membantu sesuatu yang tingkat kecerdasan manusia (biasanya seorang manusia) dalam akuisisi penemuan informasi sehari-hari, dan pemrosesan.
5.2.2 Alternatif cara penalaran
Ada berbagai jenis penalaran, tetapi tidak terlalu banyak berhasil otomatis di luar penalaran deduktif linier dan berbagai metode statistik. Apa metode alternatif memiliki Web difasilitasi? Salah satu kandidat yang jelas adalah penalaran asosiatif, dimana penalaran atas dasar asosiasi - yang dapat sangat tidak terduga dan personalisasi - mengambil satu menuruni kereta pemikiran. Jadi, misalnya, kasus klasik penalaran asosiatif diberikan dalam novel Proust Remembrance of Things Past, di mana narator setengah baya, setelah makan Madeleine yang telah dicelup dalam teh, menemukan dirinya diangkut ke masa kecilnya di Combray, ketika Bibi eonie L'akan memberinya Madeleine pada hari Minggu pagi. Di Web, potensi penalaran asosiatif sangat besar, mengingat jumlah besar hyperlink asosiatif, dan sifat dunia kecil dari Web. Google-seperti pencarian, berharga meskipun mereka diragukan lagi adalah, tidak bisa seluruh cerita di dunia kecil merasuk perangkat, agen perangkat lunak dan sistem terdistribusi.
Namun, asosiatif penalaran melalui hyperlink, meskipun yang menarik dan metode penting, bukan satu-satunya cara untuk pergi tentang itu. Jenis ini penalaran tidak sepenuhnya penalaran asosiatif yang tepat, sebagai asosiasi adalah dari penulis, orang yang menempatkan hyperlink ke dokumen. Dalam adegan Proust, hal ini seperti Marcel mengambil gigitan nya Madeleine dan tiba-tiba dan tak terduga mempersepsikan kenangan tukang roti. Buka hyperlink memungkinkan pembaca untuk menempatkan struktur link lebih dari yang ada halaman Web, menggunakan informasi seperti metadata tentang halaman yang dimaksud, ontologi yang relevan dan model user. Sifat asosiatif jelas salah satu kekuatan pendorong utama dari Web sebagai toko pengetahuan dan sumber informasi. Asosiatif penalaran, misalnya, telah digunakan untuk kolaborasi dalam sistem penyaringan rekomendasi.
Penalaran analogi dapat dibuat untuk bekerja dalam konteks menarik, dan mesin penalaran ada. Sketsa suatu pendekatan menggunakan penalaran analogi untuk menghasilkan metadata tentang sumber daya telah muncul baru-baru ini, dan penjelasan berbasis kasus dapat berguna dalam domain mana model kausal yang lemah. Dalam sebuah domain dijelaskan oleh beberapa ontologi, teknik penalaran analogi juga mungkin berguna sebagai penalaran yang bergerak dari satu set deskripsi ontologis terhadap lain, meskipun sama perubahan sudut pandang juga dapat mempersulit hal. Ada telah mencoba menarik untuk mendukung analogis penalaran (yaitu CBR) di seluruh pengetahuan desentralisasi seperti  kompleks struktur , dan juga ekstensi untuk XML untuk mengungkapkan kasus berbasis pengetahuan.

5.2.3 Penalaran bawah inkonsistensi
Web adalah media demokratis. Penerbitan murah, tetapi itu berarti bahwa kita harus mengharapkan inkonsistensi. Untuk prinsip Web klasik dari quodlibet ex falso, bahwa pernyataan bersama dan penyangkalan memerlukan setiap proposisi apa pun, jelas terlalu kuat. Menegakkan konsistensi memeriksa dan mencoba kontradiksi penjahat adalah non-starter berkat tekanan sosial terhadap inkonsistensi pada Web, atau bahkan lainnya sistem terdistribusi berskala besar. Kemungkinannya kesalahan (entri data yang tidak benar) tentu saja tinggi. Berbahaya atau pendusta konten akan ada. Tapi yang paling penting, akan ada yang serius perselisihan dengan itikad baik dalam segala macam bidang.
Keuntungan utama dari logika klasik adalah bahwa hal itu skala. Maka salah satu solusi untuk masalah ketidaksesuaian adalah untuk mengembangkan strategi untuk menangani dengan kontradiksi karena mereka muncul. Misalnya, sesuatu di theWeb ditegaskan oleh beberapa formula dalam dokumen, tetapi berbeda dokumen tidak perlu dipercaya pada tingkat yang sama. Terkait dengan dokumen akan metadata dari berbagai jenis, yang dapat membantu memutuskan apakah pernyataan dalam satu dokumen harus menimpa penyangkalan tempat lain.

5.3 Epistomologi Web

Komputer telah merevolusi epistemologi, dan yang paling Web dari semua. Ide seperti Web Semantic bertahan kemungkinan perpanjangan otomatisasi pengolahan informasi. Gerakan e-ilmu telah terbukti sangat menarik. Filosofis, metode ilmiah telah terbukti sulit untuk memakukan, tapi ini sebagian karena logis struktur penelitian dan kesimpulan yang pasti dirusak oleh manusia dan sifat kolektif dari proses, yang berarti bahwa sosial proses, proses politik dan heuristik penemuan setidaknya sebagai penting sebagai logika.

Ada dua pertanyaan epistemologis penting untuk Web Science. Yang pertama adalah sifat-sifat apa yang akan platform masa depan perlu dalam rangka untuk memungkinkan informasi sebanyak mungkin untuk tertarik ke Web tanpa memaksakan teori struktur atau pemerintahan atasnya? Salah satu tujuan dari Web adalah untuk memfasilitasi diskusi rasional ide-ide, bukan jenis penuh benci serangan ad hominem yang membentuk agak terlalu banyak dari apa yang secara longgar disebut debat.


5.4 Web Sosiologi

Web merupakan cermin sosial manusia, dan mencerminkan kepentingan, obsesi dan keharusan eksistensi manusia abad ke-21 diperpanjang selama jangkauan yang sangat luas (mungkin jangkauan terluas dari setiap informasi manusia ruang) nilai, budaya set dan asumsi. Analisis pencarian syarat diketik ke Google mungkin menjadi sumber kunci untuk sejarawan masa depan. Pada bagian ini kita akan melihat hubungan antara Web dan penggunanya, pembaca dan penulis. Apa masyarakat dan komunitas inginkan dari Web, dan apa perilaku online yang diperlukan untuk Web untuk bekerja? Ini adalah terutama pertanyaan yang sulit mengingat heterogenitas radikal dari Web - beberapa orang ingin menggunakan Web untuk berbagi informasi, beberapa untuk liburan dan hiburan, beberapa ingin untuk mengeksploitasi informasi yang didistribusikan di Web untuk melakukan ilmu dengan cara-cara baru yang radikal, yang lain menginginkan arena untuk perdagangan, sementara masih lain ingin membuat dan orang-orang semacam utopia anarkis yang telah terbukti offline agar sukar dipahami.

5.4.1 Komunitas kepentingan

Web telah melahirkan sejumlah komunitas
yang menarik dan novel dengan sifat menarik. Sebagai contoh, Massively Multiplayer Online. Peran-Playing Game (MMORPG), di mana penerbit gigih menyediakan ruang online tempat  permainan berlangsung, telah melahirkan raksasa ekonomi dan kode etik saleh sebagai komunitas yang sangat besar pemain (kadang-kadang urutan juta) menghabiskan semakin besar jumlah waktu untuk online. Potensi untuk perilaku dalam komunitas seperti tentu saja akan tergantung pada sebagian besar arsitektur yang memungkinkan,  dan ukuran masyarakat tersebut dapat sangat besar. Pada awal 2001, telah dilaporkan bahwa 84% pengguna Internet di Amerika (90m orang) menggunakan internet untuk tetap berhubungan dengan semacam kelompok; bahwa laporan, oleh proyek penelitian Pew Internet, sangat informatif tentang cara-cara yang Amerika menggunakan Web untuk tetap berhubungan dengan segala macam kepentingan kelompok.

Struktur berbasis metode mengungkap cybercommunities; masyarakat juga dapat dipelajari dengan cara
melihat komunikasi antara anggota dan mereka berbagi pengetahuan. Proxy atas kepercayaan
(misalnya, bekerja kolaboratif atau email jaringan) juga dapat digunakan untuk memetakan penyebaran kepentingan masyarakat atau praktek, yang dapat memiliki manfaat nyata dalam sejumlah daerah. Misalnya, evaluasi program pendanaan dirancang untuk mendorong penelitian lintas disiplin dapat didukung oleh bukti untuk pembentukan atau sebuah komunitas baru dengan melihat pola kolaboratif kerja; grafik email diarahkan telah digunakan untuk mengidentifikasi peran kepemimpinan; konflik kepentingan yang potensial antara penulis dan pengulas karya ilmiah yang sudah dimonitor menggunakan pola kenalan di jaringan sosialWeb dan Internet pada umumnya, mendukung jenis interaksi baru. Survei terbaru telah menemukan peningkatan besar dalam jumlah orang menjual sesuatu online, menggunakan mesin pencari  menggunakan Webcam dan mendengarkan podcast, Web, dan lainnya baru teknologi seperti komputer luas telah memungkinkan konsep-konsep baru ruang untuk mengembangkan dan mendukung metode baru berinteraksi online , atau interaksi baru antara ruang virtual, ruang fisik atau ruang teoritis atau diukur seperti peta dan rencana.

Interaksi web yang penting dalam dengan masyarakat yang ada di tiga cara: meningkatkan transparansi, memungkinkan komunitas offline untuk tumbuh luar 'alami' mereka batas-batas, dan memungkinkan berbeda, lebih dikodifikasikan, jenis komunikasi antara anggota masyarakat.

5.4.2 Informasi struktur dan struktur sosial

Pemahaman dari relasi antara manusia dan teknologi, implikasi bagi masyarakat manusia menjadi alat-dengan menggunakan hewan, telah menjadi ciri dari banyak filosofis, politik dan sosial komentar Pencerahan-posting periode, misalnya dalam karya Marx dan Heidegger. Web adalah refleksi dari kehidupan intelektual dan sosial manusia, tetapi juga secara khusus direkayasa untuk menjadi alat.


Secara khusus, struktur theWeb adalah gambaran lain dari struktur data yang lebih tradisional. Semua struktur data berskala besar pasti berakhir dengan beberapa bentuk kongruensi dengan konteks manusia, misalnya dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Tree yang berorientasi XML merupakan perbaikan garis orientasi dari UNIX. Pohon memungkinkan kemungkinan yang penting, seperti top-down terstruktur desain, menyembunyikan informasi, dan derajat kontrol dikombinasikan dengan fleksibilitas. Namun perilaku dalam struktur semacam itu dibikin adalah: laporan GOTO dianggap berbahaya, misalnya, karena kontrol pengolahan hilang, dan analisis dan verifikasi program menjadi sewenang-wenang. Untuk mendapatkan dari satu bagian hirarki informasi satu sama lain biasanya harus naik sampai node umum untuk setiap subtree tercapai dan kemudian turun yang kedua subtree. Untuk terstruktur, lingkungan terpusat di mana kontrol penting, ini adalah inovasi penting.

Inovasi rekayasa dari Web adalah apa yang menciptakan nilai tambah untuk manusia yang menggunakan. Pengembangan URI memungkinkan cepat dan traversal tidak dibatasi ruang informasi ke segala arah; dari setiap titik dalam satu ruang web bisa mencapai titik lain dengan segera (satu dapat memilih untuk dibatasi oleh link berikut atau output dari pencarian mesin, tentu saja). Dengan kata lain, GOTO adalah kembali; gotos global yang disahkan, karena ketika gerakan semacam itu dibiarkan kemungkinan dibuka dari reuse kebetulan. Reuse dalam situasi diprediksi, sebagai terjadi dengan struktur hirarki informasi, juga bisa terjadi pada Web, dan gotos memiliki biaya mereka. Analisis interaksi dan kerjasama yang lebih keras, sebagai Dijkstra diprediksi, dan juga sistem tergantung pada fungsi pemeliharaan dan tepat dari ruang URI.

Demikian pula, kesederhanaan menyediakan halaman error 404 bila tidak ada sumber daya yang ada pada URI disodorkan merupakan rekayasa penting faktor, yaitu browser telah berhasil  berkomunikasi dengan server tapi server itu baik mampu atau tidak mau kembali halaman. Kunci adalah bahwa tampilan kesalahan 404 merupakan tanggapan ringan untuk kegagalan yang tidak menghambat aktivitas pengguna dengan cara apapun; menekan tombol 'back' tombol pada  browser mengembalikan segalanya kepada status quo ante. Web tidak dapat berfungsi tanpa ini toleransi kesalahan.

Web yang menyediakan informasi digunakan dalam proses berguna tertanam dalam masyarakat manusia, mungkin yang paling jelas produktif manusia bekerja. Memahami cara yang informasi dan teknologi Web digunakan untuk tujuan tertentu merupakan tujuan penting untuk Web Science. Data tentang ini bisa sulit didapat, tapi ketika data set lakukan menjadi tersedia,  penelitian sangat menarik bisa dilakukan.

5.4.3 Signifikansi dan matriksnya

Sebuah konsep yang terkait dengan penggunaan sumber daya Web tertentu dalam suatu proses
adalah maknanya. Satu bisa menebak makna dari sebuah halaman kepada pengguna atau
masyarakat sampai tingkat tertentu intuitif: orang mungkin mengharapkan pembayar pajak AS
menjadi relatif lebih tertarik dalam halaman FAQ IRS daripada sewenang-wenang halaman, sebuah Goth di homepage Nine Inch Nails ', dan wanita konservatif di angryrepublicanmom.com. Ada beberapa metode untuk memperbaiki potensi berbagai
 penafsiran intuisi seperti melalui beberapa matematika sulit, yang merupakan cara yang baik untuk mulai memahami sosial dalam dimensi Web. Dan pemahaman pentingnya halaman adalah penting  untuk tugas non-sepele halaman pemesanan diambil selama Web pencarian dan pengambilan.

Signifikansi dapat didekomposisi menjadi dua jenis metrik: relevansi dan kualitas [76]. Relevansi dihubungkan dengan gagasan query: bagaimana banyak pertanyaan tidak halaman menangani? Perbedaan cara menjawab pertanyaan yang telah menyebabkan perkembangan sejumlah penting algoritma, namun pada dasarnya idenya adalah bahwa sebuah halaman menangani query ketika baik itu berisi informasi yang relevan dengan query, atau titik-titik pembaca ke sumber daya yang berisi informasi seperti [294]. Satu pendekatan adalah untuk melihat struktur hyperlink yang memberikan konteks untuk halaman web, dan mencoba untuk menyimpulkan ukuran relevansi dari struktur-struktur.

Jadi, misalnya, model Boolean sederhana menghitung jumlah query istilah yang muncul dalam dokumen, yang dapat peringkat halaman berdasarkan pada permintaan kata penghubung, atau transformasi dari disjunctions atau negations menjadi konjungsi. Maka itu adalah langkah cukup logis untuk menggunakan rekursif menyebarkan algoritma aktivasi untuk menyebarkan query, dengan mencari permintaan ketentuan dalam dokumen tetangga, mengurangi koefisien signifikansi sebagai sumber daya diuji mendapatkan lebih jauh dari halaman aslinya.


5.4.4 Kepercayaan dan reputasi

Kualitas dan signifikansi berkaitan dengan resepsi halaman menerima dari seorang pembaca, keyakinan pembaca tentang halaman secara inheren lebih subjektif dari metrik yang diuraikan di atas. Ini subjektif keyakinan cenderung berkumpul di bawah kepercayaan pos. Kami telah melihat kecenderungan bagi otoritas dan hub untuk muncul sebagai fokus cybercommunities. Situs tersebut dengan cara-cara penting terpercaya: kewenangan dipercaya oleh penulis laman web lain untuk mengandung informasi yang dapat dipercaya, sedangkan (berhasil) hub dipercaya oleh pengguna untuk menunjuk ke tempat-tempat yang dapat diandalkan untuk dapat memperoleh informasi.

Kepercayaan tentu saja merupakan faktor penting dalam pengembangan Web, dengan berbagai bidang. Ilmiah atau makalah akademis yang terpercaya untuk melaporkan hasil yang benar. Penulis halaman dipercaya untuk menjadi diri mereka mengatakan mereka. Web services dipercaya untuk melakukan apa yang mereka katakan mereka akan melakukan tanpa kerusakan kepada orang lain. E-commerce situs yang dipercaya untuk membuat penggunaan yang tepat dari rincian kartu kredit, untuk mengirim barang yang dipesan, dan untuk menjaga data yang aman. Arsitektur dari Web, yang secara eksplisit memfasilitasi anonimitas dan menyalin akurat, membuat kepercayaan sangat penting masalah.

Kepercayaan adalah juga bukan statis Fenomena, itu adalah dinamis, sering ada periode waktu di manakepercayaan sebuah situs dibangun. Pengguna web pada berbagai tingkat pengalaman juga memiliki tingkat kepercayaan yang khas yang berbeda.

Ada dua tingkat signifikansi sehubungan dengan diundangkan kepercayaan di seluruh Web yang menuntut pendekatan yang berbeda. Pertama ada adalah tingkat sistem secara keseluruhan, dimana seseorang mencoba untuk memverifikasi bahwa peraturan yang mengatur gaya interaksi semua aktor untuk jujur​​. Strategi utama pada tingkat sistem adalah untuk menyediakan infrastruktur untuk menjamin keamanan, misalnya dengan menggunakan skema sertifikasi atau teknologi privasi-meningkatkan, dan mengambil rute Hobbes untuk menghalangi perilaku tidak bermoral - itu membuat terlalu mahal untuk melakukan, untuk satu alasan atau yang lain. Untuk itu, mekanisme tersebut sangat terkait dengan isu-isu yang harus dilakukan dengan Web Pemerintahan.

Kedua, ada tingkat individu, di mana satu harapan bahwa mitra interaktif seseorang atau lawan jujur​​, reciprocative dan aturan-berikut ini. Di sini cenderung mengandalkan pada umpan balik tentang perilaku; entah bagaimana suatu keuntungan pengguna Web reputasi. Reputasi adalah suatu elemen kunci untuk percaya, karena menyajikan sketsa trustee diabstraksikan (mandiri) dari sejarah. Berdasarkan sejarah sebagai itu, reputasi tidak dan tidak dapat mengikat perilaku masa depan, karena itu tidak menghapus risiko. Berdasarkan berbagai pertimbangan, sebagian besar yang subjektif atau memiliki unsur subyektif yang kuat, fungsi diagregasi dari reputasi dimaksudkan untuk kelancaran keluar pendapat jahat tertentu atau tunggal acara.

Beberapa baris penelitian adalah penting untuk memahami cara terbaik untuk mengumpulkan dan memahami reputasi. Metode apa yang akan memungkinkan peringkat untuk dikumpulkan yang menentukan kepercayaan dari Web pengguna? Bagaimana seharusnya peringkat tersebut digabungkan? Bagaimana seharusnya kita alasan atas agregasi ini? Dan bagaimana mereka harus dipublikasikan? Dan sebagai dengan banyak pertanyaan tentang Web, apa trade-off antara hati-hati mengasah dan sistem akurat yang mungkin mahal untuk digunakan, dan sistem kasar-dan-siap yang memiliki utilitas untuk 90% dari tujuan, yang adalah sepele untuk menggunakan dan memiliki besar buy-in dari basis pengguna yang besar.


Isu yang terkait dan kompleks adalah menemukan metrik untuk mengukur kepercayaan untuk peringkat individu dan algoritma untuk agregasi masuk akal. Kebanyakan metrik melibatkan beberapa skor antara +1 dan -1, biasanya yang nyata nomor. Dua masalah yang jelas muncul. Pertama, karena kepercayaan kita / ketidakpercayaan adalah jarang sempurna, bagaimana seharusnya salah pilih nomor tertentu? Dan kedua, bagaimana harus membedakan antara dua interpretasi yang mungkin 0, yang bisa berarti 'saya tidak memiliki pengalaman dengan orang ini, sehingga memiliki tidak ada pendapat ', atau' saya memiliki pengalaman, tapi saya netral tentang dia atau 'nya. Selain itu, ada beberapa sumber informasi tentang kepercayaan yang
tampaknya menjadi penting dalam membuat penilaian: misalnya, sebelumnya interaksi satu telah dengan wali amanat; laporan saksi-saksi; sertifikat; dan peran yang wali amanat adalah bermain
.

Masa Depan bekerja dalam memahami bagaimana informasi dapat kepercayaan diekstrak keluar struktur ofWeb-seperti adalah topik sentral dalam eksplorasi jaringan sosial dan representasi mereka Web-seperti. Richardson et al telah menunjukkan bahwa path aljabar dan interpretasi probabilistik dari eksplorasi grafik Web dari Trust hampir identik ; hasil ini dapat digunakan sebagai metode halaman peringkat dalam pencarian Web? Dan semua metode yang mengeksploitasi Web dari Trust menyederhanakan atribusi kepercayaan; dapat metode diperluas untuk mencakup keyakinan multi-dihargai dan data lainnya (seperti metadata tentang asal)? Mengingat pentingnya dari konten ke pemetaan Webs kepercayaan, maka bisa jadi bahwa
kepercayaan-menghasilkan teknik dapat memainkan peran yang serupa dengan Semantic Web sebagai algoritma seperti PageRank, yang mengekstrak informasi dari link uninterpreted struktur, bermain di WWW.

5.4.5 Kebenaran (II): Bukti Mekanisme

Sebuah coda sosiologis berkaitan dengan kepercayaan: kita mempercayai mesin dan proses otomatis yang diletakkan di bawah cara ketika kita bekerja atau bermain di Web? Telah dikatakan bahwa budaya kita sekarang berurusan dengan dua pengertian tentang bukti. Dalam satu tampilan, seperti Wittgenstein berpendapat, sebuah bukti adalah gambar yang berdiri di membutuhkan ratifikasi, yang akan saat kita bekerja melalui itu; itu meyakinkan kita. Ini menjelaskan dan menunjukkan kebenaran proposisi terbukti secara bersamaan.
Jenis lain bukti mekanis dan algoritmik, ini mungkin lebih dapat diandalkan daripada bukti-gambar sebagai-, tetapi untuk dapat diterima memerlukan itu diambil pada kepercayaan bahwa langkah-langkah dalam bukti harus dilakukan dengan benar. Kepercayaan diperlukan (a) karena bukti mungkin unsurveyable, dan (b) bahkan jika tidak tidak efisien atau biaya-efektif untuk memeriksa setiap bukti mekanis dengan tangan. Wittgenstein tidak hidup untuk melihat bukti mekanik kompleks menjadi biasa, tapi ia mencurahkan waktu untuk berpikir tentang implikasi, dalam (pada saat itu tidak biasa) pandangannya matematika sebagai kegiatan, dan berhati-hati untuk membedakan antara bukti-gambar sebagai-dan mekanik bukti. Dia menyimpulkan bahwa keputusan kita untuk percaya mekanis bukti secara sukarela dan bahwa hasil mereka tidak dipaksa.

Ketika bukti mekanik yang luas dan kompleks muncul di adegan, dilema yang Wittgenstein diperkirakan diikuti. Misalnya kemungkinan bukti kebenaran formal dari sebuah program
diperdebatkan di beberapa artikel terkenal dan kontroversial. DeMillo et al menyatakan bahwa bukti-as-gambar yang diperlukan untuk sistem yang akan (sosial) yang dapat digunakan, tetapi mesin tidak bisa memberikan mereka
. Fetzer berpendapat bahwa ada kebingungan terus-menerus antara dua jenis bukti mekanik, yang satu urutan logis formula mana setiap rumus dapat berupa aksioma berasal dari formula di atas dengan kebenaran-melestarikan aturan, dan yang lainnya yang dibuat oleh sebuah mesin.

Saat ini, lebih banyak aspek kehidupan sehari-hari (keuangan, kesehatan dan keamanan, fungsi utilitas) berada di bawah naungan sistem otomatis. Dan ketika Web mengambil lebih banyak informasi rutin pengguna pengolahan tugas (seperti dengan SW), kebutuhan atas kepercayaan manusia dalam sistem mekanik adalah jauh lebih besar. Banyak kepercayaan yang merupakan fungsi tak terduga dari pengalaman, dan kita tidak dapat meniadakan kebutuhan untuk  kepercayaan dalam penilaian manusia kolektif serta mesin sendiri. Hubungan antara kepercayaan dalam diri kolektif kami dan kepercayaan di hardware dan software adalah satu sulit untuk menguraikan, namun pengembangan Web akan tergantung krusial di atasnya.


5.4.6 Web moralitas dan aspek konvensional menggunakan Web
Moral dan pertanyaan etika adalah bagian penting dari agenda Web Science . Mereka diperlukan untuk pemahaman kita tentang bagaimana Web bekerja, dan, tidak kalah pentingnya, bagaimana Web dapat tumbuh.
Web adalah struktur sengaja desentralisasi. Sisi lain dari yaitu bahwa tidak ada otoritas untuk menegakkan perilaku yang baik. Meskipun tentu kasus yang banyak jenis perilaku penting untuk Web untuk bekerja (artinya, konvensi, komitmen) dapat dipahami dari sudut pandang rasional kepentingan diri, jika kita asumsikan ada hadiah untuk perilaku buruk, baik dari komisi (peluang untuk memperoleh oleh kecurangan) atau kelalaian (kegagalan untuk memelihara sebuah website memuaskan), maka rasionalitas kepentingan sendiri tidak bisa sepenuhnya menjelaskan bagaimana seperti koperasi perilaku mendapat dari tanah. Analisis Namun jauh seperti pergi, ada merupakan unsur non-rasional yang mendalam untuk perilaku seperti; orang harus berperilaku baik.
Peran untuk Web Ilmu untuk menentukan apa praktek-praktek rekayasa yang penting, dan bagaimana mereka berhubungan dengan kesediaan orang untuk berperilaku dengan cara yang kooperatif. Analisis semacam itu dapat menyebabkan kode perilaku yang mungkin tidak berlaku tetapi dalam arti menentukan moral perilaku dalam konteks Web. Moralitas dan putar rekayasa
keluar yang akan dihubungkan.
Sebagian pertanyaan mengenai gaya.  mencakup seperangkat saran tentang apa yang tidak termasuk dalam penamaan direktori dan file: nama penulis, subyek, status, hak akses, dll Semua yang kedua bisa tampak cukup masuk akal sebagai nama file, tapi selama skala waktu dari Web ini dapat mengubah, yang bisa menciptakan tekanan untuk mengubah atau membuat URI nama file menyesatkan (yaitu lebih buruk dari artinya). Ini berarti bahwa URI memproduksi kebutuhan berpikir agak lebih dari satu akan sebaliknya bayangkan, dalam bahwa webmaster perlu memikirkan bagaimana untuk menyajikan suite informasi, dan mengatur itu, sedemikian rupa sehingga masuk akal dalam masa depan - setidaknya dalam jangka menengah. Ini adalah biaya yang nyata, tetapi jika Web berfungsi dengan baik, kebanyakan jika tidak semua webmaster harus mengikuti konvensi.
Sosial, penting untuk mengidentifikasi dan mencoba, jika mungkin, untuk insinyur keluar berbahaya perilaku (berbahaya baik untuk individu dan ke Web secara keseluruhan) seperti phishing, atau hoaxing PageRank dan lainnya algoritma mesin pencari. Tidak akan ada solusi rekayasa yang benar-benar terhadap perilaku tersebut; itu terjadi dalam konteks Web diberikan, dan mereka yang memanjakan diri di dalamnya akan selalu tergoda untuk bekerja di sekitar setiap arus blok. Tapi kode etik dan jenis lain diskusi tentang Web dapat membuat konsensus tentang apa yang merupakan tugas online dan apa yang merupakan perilaku buruk (konteks adalah penting: mengapa spam suatu zat iritasi yang serius, dan surat sampah relatif kecil?) dan, akibatnya, tentang perilaku apa yang harus disahkan, apa yang diamanatkan, dan apa fungsi terkait arsitektur mungkin diharapkan untuk menyediakan. Online hubungan erat antara teknik dan moralitas tidak biasa jika tidak unik. Keluar fleshing kewajiban ini adalah aspek luar biasa pemahaman kita tentang Web, dan di bagian akhir substantif kami kita melihat beberapa masalah yang menimbulkan lebih terinci.


 Sumber :
http://rifiana.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.7, A Framework for Web Science. Jakarta, Maret 2011.

Lampiran : 
  1. http://www.4shared.com/file/RvGxmM6A/WEBscience.html (Word)
  2. http://www.4shared.com/file/aCTLuf-m/Bab_5.html (PPT)
                 







0 komentar:

Posting Komentar