Selasa, 16 November 2010

Sedikit Tentang Networking

Modem
Modem atau modulator demodulator adalah suatu alat yang bekerja mengubah sinyal analog (telepon) menjadi sinyal digital (komputer) dan sebaliknya. Ada dua Jenis Modem yaitu modem internal dan modem eksternal, fungsi dari kedua jenis modem tersebut sama hanya saja modem internal dipasang di salah satu slot PCI dama mainboard. Kemudian seiring perkembangan teknologi, ada modem eksternal yaitu sebuah modem yang dipasang diluar fisik Cpu. Interfacenya bisa berupa USB atau serial.

Ethernet
Adalah sebuah standar perangkat keras LAN (Lokal Area Network), mengenai pengkabelan serta spesifikasi transmisinya atau Protokol yang biasa digunakan dalam LAN (Local Area Network - sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dalam lingkup lokal dan tidak bisa diakses oleh jaringan lain). Beberapa jaringan LAN dapat dihubungkan melalui suatu hirarki tertentu hingga membentuk WAN (Wide Area Network). Ethernet adalah kabel jaringan dan skema protokol akses yang dibuat oleh DEC, Intel dan Xerox, tetapi sekarang terutama dipasarkan oleh DEC dan 3Com. Sama halnya dengan modem, ethernet card ada yang include di mainboard, pada jaman sekarang ada juga yang eksternal yang dipasang di slot PCI (biasanya untuk mainboard yang model lama).

Hub
Perangkat penghubung komputer-komputer dalam jaringan (LAN)kepada server, terutama pada jaringan dengan bentuk STAR. Hub memiliki banyak port dan tiap port diisi oleh satu komputer.

Repeater
Alat yang digunakan untuk menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen (satu atau lebih) kabel LAN yang lain. Dengan adanya repeater ini jarak antarjaringan komputer dapat dibuat lebih jauh.

Bridge
Perangkat yang dipergunakan untuk menghubungkan beberapa buah segmen jaringan komputer (LAN) yang sama ataupun berbeda, misalnya jaringan ETHERNET dengan TOKEN RING, lebih cepat daripada ROUTER dan lebih handal, karena paket yang didapat akan langsung dikirimkan ke alamat yg dituju tanpa ada proses penganalisaan/pengecekan dan tanpa ada routing kembali.

1 komentar: